Top Menu

Definisi Akidah Secara Bahasa dan Istilah serta Pembagiannya



A.     Definisi Akidah

Akidah secara bahasa berasal dari kata al-'aqdu (الْعَقْدُ) yang berarti ikatan. Jadi, akidah adalah apa yang diyakini (diikat dalah hatinya) oleh seseorang. 

Sedangkan secara istilah, akidah adalah iman atau keyakinan yang teguh dan pasti, yang tidak ada keraguan sedikitpun bagi orang yang meyakininya.

B.    Akidah dalam Syari’at Islam 

         Akidah Islamiyyah, yaitu iman kepada Allah, para Malaikat-Nya, Kitab-Kitab-Nya, para
Rasul-Nya, Hari Akhir, serta takdir yang baik maupun yang buruk.

Syari’at dibagi menjadi dua,

      I’tiqadiyyah, yaitu hal-hal yang tidak berhubungan dengan tata cara amal. Seperti kepercayaan terhadap Allah Subhanahu wa Ta’ala, baik dalam Rububiyyah, uluhiyyah, maupun Asma wa Sifat. Atau terhadap rukun-rukun iman yang lain. Dan ini merupakan pokok agama (Ushuuliyyah).
      Amaliyyah, yaitu hal-hal yang berhubungan dengan tata cara amal. Seperti shalat, zakat, puasa, dan seluruh hukum-hukum amaliyyah. Dan ini merupakan cabang agama (Furuu`iyyah).
Sehingga akidah yang benar adalah pondasi bagi bangunan agama, dan merupakan syarat sahnya amal ibadah. Karena akidah merupakan pokok dalam agama.

_________________________________________________________________________
Daftar Pustaka:
At-Tauhiid li ash-shaff al-Awwal al-‘Ali, Syaikh Dr. Shalih bin Fauzan Al-Fauzan. (Terjemahan: Kitab Tauhid 1, penerbit Darul Haq).
Syarah Aqidah Ahlu Sunnah wal Jama’ah, Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas, penerbit Pustaka Imam Asy-Syafi’i.

Posting Komentar

Copyright © Website Ilmiah.